Atlaili Leli

Penulis dilahirkan di Lampung 25 Desember 1971 Anak pertama dari tujuh besaudara Penulis masih aktif mengajar di SMPN 225 Jakarta Pernah Kuliah di Fakultas P...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sayur Bayam Mpon-Mpon

Sayur Bayam Mpon-Mpon

Bayam merupakan sayuran yang   mengandung banyak vitamin dan serat, untuk memperoleh bahan ini tentunya tidak terlalu susah.  Mengolah bayam sangatlah mudah bisa dibuat sayur bobor, tumis ataupun dibuat sayur bening dicampur jagung.

Sayur bening mungkin bagi setiap orang bukan merupakan hal yang baru , namun cita rasa yang baru bisa kita ciptakan melalui tangan-tangan kreatif,  agar bisa menciptakan sensasi yang menggoda.

Selama stay at home, membuatku selalu memutar otak alias selalu berinovasi membuat berbagai masakan yang disukai oleh keluarga, namun  pastinya  makanan  dibuat juga perlu memperhatikan nilai gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Selain kandungan gizi, pada saat sekarang yang sangat di perlukan adanya bahan yang  mudah di dapat dan tersedia  di warung  terdekat.  Pengolahan juga perlu di perhitungkan apalagi sekarang jualan gas agak susah di dapat jadi berhemat gas itu harus dilakukan.

Namun yang tak kalah pentingnya bagaimana cara kita bisa sambil menyelam minum air, artinya gizi kita dapat, rempahnya pun kita dapat pula untuk menjaga stamina tubuh sangatlah penting pada masa sekarang.

Mpon-mpon merupakan salah satu minuman yang dianjurkan untuk menjaga ketahanan tubuh, sementara  tidak semua orang mau mengonsumsinya seperti anak-anakku jika jahe, kunyit  dah dicampur sereh mereka dah tidak mau meminumnya.  Mereka hanya mau minum air jahe dan gula merah saja.

Dari permasalahan tersebut muncullah ideku untuk membuat sayur bening bayam yang kunamakan “Sayur Bayam Mpon-Mpon”

Mpon-mpon yang ku gunakan untuk membuat sayur bening ini adalah  sereh yang merupakan salah satu rempah yang penting bagi tubuh kita.

Menurut dr. Allert Benedicto Ieuan Noya, 14 Februari 2019, sereh merupakan jenis rempah yang mengandung banyak manfaat.

Manfaat sereh untuk kesehatan erat dikaitkan dengan kandungan nutrisi di dalamnya. Selain membuat cita rasa makanan dan minuman menjadi lebih lezat, sereh juga mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin B, magnesium, kalium dan zat besi

Beragam Manfaat Sereh

 

1.       Mengatasi gigi berlubang

2.       Melawan radikal bebas

3.       Mengontrol tekanan darah

4.       Meringankan gejala sindrom pramenstruasi

5.       Mengatur fungsi otot

6.       Mengatasi kecemasan

7.       Menurunkan berat badan

Manfaat yang akan saya soroti pada sereh ini adalah bisa melawan radikal bebas.  Sebuah penelitian mengungkap bahwa dalam sereh terkandung beberapa antioksidan yang berperan melawan radikal bebas. Antioksidan yang terdapat pada sereh diantaranya asam klorogenat, isoorientin dan swertiajaponin.

Selain menggunakan rempah, sayur bening yang kubuat ini dipadukan juga dengan satu jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat yaitu daun kemangi.  Daun kemangi juga mudah didapat dengan segudang manfaat.

Daun kemangi mungkin lebih dikenal sebagai lalapan yang menambah cita rasa makanan yang disantap. Namun, bukan cuma bikin makanan makin enak, daun kemangi segar juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

1.        Mencegah Demam

2.       Meredakan  batuk

3.       Meningkatkan sistem imun

4.       Meringankan penyakit kulit

5.       Mengatasi Jerawat

6.       Membuat kulit menjadi bercahaya

7.       Mencegah penuaan

8.       Membantu menyamarkan bekas luka pada kulit

9.       Mampu mengobati luka infeksi

10.   Tingkatkan Kesehatan Mata

Sumber :Liputan 6.com Jakarta

Untuk kesepuluh manfaat dari daun kemangi saya hanya ingin menyoroti manfaat dari nomor 1 sampai dengan tiga, yang berhubungan dengan cara menjaga tubuh kita pada saat sekarang ini.  Dengan harapan sayuran yang kita olah ini insyaallah bermanfaat bagi tubuh kita.

Baiklah selanjutnya kita langsung saja ke cara membuat dan bahan-bahan yang di butuhkan

Bahan:

1.       1 ikat bayam

2.       1 ikat kemangi ukuran kecil

3.       1 bonggol jagung

4.       Cabe Merah keriting 5 bh

5.       3 siung bawang merah ukuran besar

6.       1 batang sereh

7.       Garam secukupnya

8.       Gula pasir 1sdt

9.       Air 600 ml

Cara membuatnya:

1.        Petik bayam dan kemangi

2.       Jagung di sisir

3.       Iris bawang dan cabe

4.       Sereh ambil putihnya     di geprek

5.       Panaskan air dalam panci

6.       Masukkan jagung kurang lebih 15-20 menit, bumbu yang telah diiris dan sereh

7.       Masukkan bayam dan  kemangi

8.       Beri garam sesuai selera dan gula 1 sdt

9.       Koreksi rasa

10.   Matikan api setelah 10 menit, jadi kurang lebih masak sayur bayam mpon-mpon 30 menit

Untuk membuat sayur bening aku gak pernah menggunakan tambahan penyedap rasa garam dan gula saja sudah cukup membuat sayur menjadi enak apalagi ditambah daun kemangi dan geperekan sereh wangi keduanya akan membuat aroma yang luar biasa.  Selamat mencoba

#Tantangan gurusiana hari (ke-75)

Atlaili

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Good mom. Terima kasih ilmunya.

04 Apr
Balas

Mksh bun

05 Apr

Resep baru..perlu dicoba nih..ok trims info barunyaa..sukses selalu

04 Apr
Balas

silakan di coba Bu Hany, kalau doyan daun kemangi, insyaalllah suka setelah dipaduka ama sereh ambil putihnya aja ya!

05 Apr

Boleh juga dicoba nih

05 Apr
Balas

Silakan di coba bun

05 Apr

Wah Kaya manfaat ternyata. Trims infonya bu.

04 Apr
Balas

Mksh bun dah singgah

04 Apr



search

New Post